Tuesday, April 14, 2009

Domain co.cc adalah free domain, ini domain loh, bukan subdomain atau redirect. Free domain co.cc sudah lama ada, anda bisa mendaftar secara gratis. Anda bisa menggunakan hosting gratisan yang support own domain. Hosting macam ini sudah banyak kok, anda tidak perlu mengeluarkan uang. Untuk mendaftar di co.cc anda membutuhkan email sebagai username. Satu account berarti satu email bisa digunakan untuk mendaftar maksimal 3 domain. Ada pilihan seting untuk menghubungkan domain co.cc dengan hosting anda yaitu menggunakan dns atau redirect. Saya sendiri biasanya menggunakan dns, belum pernah menggunakan redirect. Berikut ini cara untuk mensetting domain co.cc anda.

  • Masuk ke account anda di co.cc
  • Pilih menu "Get Free Domain"
  • Masukkan nama domain yang anda inginkan di co.cc. Jika anda memilih 'domainku' maka nanti alamat web anda adalah domainku.co.cc
  • Klik check, jika domain yang anda pilih belum digunakan orang lain, maka bisa dilanjutkan ke proses registrasi.
  • Proses registrasi sudah berhasil. Namun anda harus mensetting apakah akan menggunakan DNS atau redirect. Jika anda menggunakan free hosting, maka pilih DNS karena biasanya free hosting menyediakan name servernya. Jika menggunakan 000webhost.com maka DNSnya dns1.000webhost.com dan dns2.000webhost.com
  • Klik menu "My Domain" yang akan menampilkan domain co.cc anda. Klik "Please Setup"
  • Pilih DNS setting, dan masukkan Name Server (NS) hosting anda.
  • Kalau sudah, tunggu hingga 48 jam. Domain baru anda akan disebar di internet.

Domain co.cc adalah solusi hemat membangun situs, apalagi jika anda ingin menggunakan wordpress atau CMS lainnya. Segera daftar di co.cc gratis.

Beberapa hari ini ada yang bertanya baik melalui YM, SMS dan telp, pertanyaannya hampir sama, yaitu berkaitan dengan pembelian dan seting domain, khususnya seting DNS atau NS. Bagaimana sih cara mengeset domain dan hosting agar bisa bersatu. Pada artikel sebelumnya, saya sudah menyinggung pengertian tentang domain dan hosting. Nah, artikel kali ini mungkin hanya akan mengulangi penjelasan diatas dengan sedikit diperjelas. Untuk mempermudah, ada sebuah kasus misalkan saya membeli hosting (hosting saja lho, tanpa domain, yang berarti saya membeli web space saja) pada perusahaan A. Kemudian saya membeli sebuah domain pada perusahaan B. Ini perusahaan yang berbeda. Mana yang lebih dulu dibeli? hosting dulu atau domain?

Kalau menurut pengalaman saya, lebih mudah membeli domain dulu. Disini juga bisa diterapkan pada domain gratis, macam co.cc dan uni.cc. Yang penting domain, masalah gratis atau tidak urusan no 49, he he. Nah, kalau sudah mendapatkan domain, baru kita menuju ke perusahaan hosting. Waktu membeli hosting, pasti akan ditanya 3 hal berikut ini

  1. Apakah sekalian membeli domain ditempat mereka
  2. Apakah akan menggunakan domain milik sendiri (artinya domain yang sudah dibeli tadi)
  3. Apakah akan transfer domain. Waktu membeli domain tadi, registrar domain anda adalah perusahaan B, jika anda akan mentransfer domain, maka registrarnya akan menjadi perusahaan A. Saya belum pernah melakukan ini, jadi tidak ada pengalaman

Pilih yang mana? pada kasus ini, kita pilih yang no 2. Lanjutkan pendaftaran hosting sampai selesai. Setelah membayar untuk hosting, biasanya langsung diaktifkan. Begitu? tentu saja masih kurang, ini bagian yang paling krusial.

Setiap web hosting memiliki alamat NS (name server) atau DNS. Setelah hosting anda aktif, anda pasti akan diberi alamat NS (biasanya melalui email). Alamat NS biasanya seperti ini ns1.webhosting-anda.com dan ns2.webhosting-anda.com. Nah, yang perlu anda lakukan untuk menyatukan hosting dan domain yang beli terpisah tadi adalah memasukkan NS tadi ke dalam setingan domain. Caranya, masuk ke dalam control panel domain anda, bukan Cpanel lho, setiap domain pasti memiliki control panel. Caranya masuk biasanya melalui login di perusahaan tempat anda membeli domain. Kalau tidak tahu, bisa ditanyakan pada Customer Supportnya. Katakanlah anda sudah bisa masuk ke dalam domain control panel. Cari menu yang berhubungan dengan Manage Name Server atau DNS. Kemudian masukkan name server tadi (dalam kasus ini ns1.webhosting-anda.com dan ns2.webhosting-anda.com). Save dan tunggu sampai maximal 2 hari, maka domain dan hosting anda sudah bisa digunakan.

Semoga artikel ini bisa menjawab semuanya. Saya bukannya tidak mau menjawab, justru saya pikir artikel yang saya tulis kurang sakti, sehingga harus bertanya dulu pada saya. Ini pembelajaran bagi saya pribadi agar lebih fokus dalam menulis. Tapi kasusnya lain kalau malas membaca. he he.

Sebelum menggunakan free hosting dan free domain name, ada beberapa point yang perlu diperhatikan. Artikel ini menindaklanjuti pembahasan daftar free web hosting dan free domain name, baca disini dulu. Poin yang dibicarakan disini saya rasa cukup penting sebelum anda menggunakan layanan-layanan tersebut.Apa saja yang perlu diperhatikan ? simak terus bos!

Sebelum menggunakan layanan free web hosting tersebut anda harus tahu dulu tentang ns atau name server. Name server ini dimiliki oleh web hosting, baik yang free atau yang berbayar. Name server ini harus dihubungkan dengan domain name anda. Biasaya dalam Cpanel domain name anda terdapat option untuk mengubah name server ini. Isilah name server (ns) dengan name server web hosting anda. Sebagai contoh jika anda menggunakan 000webhost.com sebagai web hosting anda, maka name server mereka adalah dns1.000webhost.com dan dns2.000webhost.com. Baca disini selengkapnya. Setiap pengubahan seting ns diperlukan waktu sampai maksimal 48 jam agar perubahan tersebut bisa dirasakan. Artinya internet memerlukan waktu sampai 48 jam untuk mengupdate seting website anda. Jika anda mengubah pada saat ini, mungkin saja web anda masih bisa diakses, karena internet belum mengupdate seting anda. Jika tidak bisa diakses, ya ditunggu saja.

Untuk free web hosting, ada beberapa penyedia free web hosting yang memberikan name servernya, jika mereka memberikan informasi tentang name servernya, maka free webhosting tersebut bisa digunakan untuk domian anda sendiri, maksudnya anda bisa membeli domain name dan menggunakan free web hosting tersebut sebagai hosting anda. Jagoan saya kali ini adalah 000webhost.com yang memberikan hosting gratis dan profesional. Tetapi ada juga yang tidak memberikan informasi tentang name servernya.

Ada langkah-langkah (harus urut) yang harus dijalani untuk mendapatkan free domain name dan free web hosting. Pertama anda harus mendaftarkan domain name dulu, baik free domain name maupun yang berbayar, setelah mendapatkannya, baru cari web hosting. Gunakan domain anda tersebut untuk mendapatkan web hosting. Pihak web hosting akan men-seting agar hosting pesanan anda mengarah ke domain anda. Setelah itu biasanya pihak web hosting akan memberitahu alamat name server mereka. Jika tidak tanyakan langsung kepada supportnya. Setelah mendapatkan alamat name servernya, setting option (di Cpanel domain anda) name server domain anda dengan name server web hosting yang baru saja di berikan tadi.

Dengan free hosting dan free domain anda bisa berbuat banyak, misalkan menginstall wordpress, membangun situs iklan baris menggunkan wordpress dan membangun aplikasi web dengan AJAX. And more..

Free domain name dan free web hosting adalah layanan gratis, anda tidak mengeluarkan uang sepeserpun untuk mendapatkan semua itu. Anda harus mematuhi TOS (Term of Service) yang mereka berikan, sekali anda dinilai melanggar, maka anda akan di kenai sanksi, misalkan dibanned. Dan bisa saja anda akan kehilangan data.

Sekali lagi bagi yang pengen punya website dan domain, tapi dana mepet. Free domain dan free hosting. Dijamin dengan barang gretongan (sebutan untuk istilah gratisan, mohon dibiasakan ya :)) anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk hosting dan domain. Domain adalah nama dari website anda, hanya nama loh, sedangkan hosting adalah tempat penyimpanan file-file website anda.
Untuk memiliki website anda harus memiliki kedua elemen tersebut, hosting dan domain. Biasanya setiap penyedia free hosting memberikan subdomain, misalkan http://freehosting.com, nantinya subdomain anda adalah http://anda.freehosting.com. Tapi kan tidak keren kalau subdomain ? simak daftar free webhosting dan free domain name berikut ini. Sebagai catatan, saya sudah melakukan riset selama ribuan tahun untuk ini

Berikut daftar free domain name dan free hosting.

Free Domain Name

Dua yang terakhir bisa digunakan untuk domain parking di Park4Money. Yang perlu diperhatikan ketika selelsai mendaftar free domain, anda harus mengeset name servernya agar mengarah ke hosting anda. baca disini selengkapnya.

Free Web Hosting

Ada yang mau menambahkan ?

Blogger Custom Domain pakai .Co.Cc cara seting

.co.cc

Tutorial ini akan menjelaskan cara mudah setting Blogger Custom Domain menggunakan domain gratisan .co.cc yang semakin populer saja. Mungkin sudah banyak yang tahu dan lebih tahu (terutama para suhu di sana) - jangan baca ya oom ntar ketawa. Buat yang baru pertama kali tahu .co.cc silahkan daftar dulu, bagi yang sudah punya account langsung saja login. Artikel tutorial singkat ini akan dimulai pada tahap setelah anda login. Siip dah. Saya anggap sudah pada login ya. Lanjuut deh kalo gitu.

Buat mas oom, eko kacrut, adit, kang rohman, mas Jerry, jangan baca ntar ngakak. ..(kabuur).

add new domain

Setelah login dengan sukses, saatnya membuat domain .co.cc baru dengan mengklik menu "Getting A new Domain".

type new domain name

Ketik nama domain sesuai selera dan yang dikehendaki, kalo bisa yang diridhoi semua orang dan berprospek cerah. Klik saja tombol yang gemesin pingin diklik itu (masa' sih..) - Check availability.

oke available..terus ngapain..?

Tuh kan available. Apa? gak available? cari nama yang lain lah. Kalo dah nemu satu (satu dulu ntar bisa nambah..) tinggal lanjutkan dengan mengklik tombol.. (titik titik - isi sendiri).

setup domain

Di sini anda akan diberi waktu 2 hari untuk menyeting domain baru anda. Sebaiknya langsung saja lakukan. Oke, klik Set up. Kemudian tinggalkan sejenak halaman tsb untuk login ke account Blogger.

Blogger dashboard

Nah, di Blogger buat blog baru [Create New Blog] atau kalo sudah punya blog langsung saja menuju ke setting page alias halaman tempat pengaturan menuju ke Settings > Publishing.

Publishing setting

Klik switch to Custom Domain. Lanjuut..

dah punya domain mas..

Berhubung kita bukan mau beli domain tapi mau pakai domain sendiri (meski gratisan), klik Switch to advanced settings.

advanced settings

Di halaman advanced settings masukkan nama domain yang ingin anda pakai. lalu Save Settings. Kemudian mari kita balik lagi ke halaman seting domain .co.cc tadi (Yuuk marii..).

dashboard setting domain .co.cc

Pada halaman domain setting di website .co.cc terdapat tiga pilihan utama seting domain anda. Seting NS, Zone recoreds, atau redirect. Untuk Blogger custom domain kita akan gunakan masukan/setingan di Zone Records. Pada kolom Add a record, kolom Host masukkan www dan secara otomatis akan berubah sendiri. Pada Type pilih CNAME record. Value isikan ghs.google.com oke.

Agar bisa mengarahkan domain yang kita miliki ke hosting, kita harus mensetting DNS dari domain tersebut agar terhubung dengan web hosting yang kita inginkan. Pada tulisan akan dijelaskan cara setting DNS pada domain gratisan CO.CC . Jika Anda belum punya account di CO.CC segera lakukan registrasi lewat link disini. Setelah itu masukan nama domain yang anda inginkan pada kotak registrasi yang telah disediakan, jika nama domain yang Anda inginkan masih tersedia, tekan tombol sign-up.. Setelah itu isi form yang telah disediakan dengan data anda dan jangan lupa untuk menyetujui TOS (Term of service) yang ada dibawah form.

Untuk melakukan setting DNS domainnya akan ada tampilan seperti dibawah ini:

 

Setting DNS CO.CC

Pada Nameserver1 dan Nameserver2 isilah dengan setting DNS yang biasanya disediakan oleh Hosting Anda, Jika Anda menggunakan 000webhost.com isikan dengan dns1.000webhost.com dan dns2.000webhost.com. Setelah itu tunggu sampai 2×24 jam, maka domain Anda akan sudah bisa aktif.

 

No comments:

Post a Comment